Spartacus; Nabi yang Tidak Tercatat Namanya

Pernah dengar kata "Spartacus"?
atau sudah pernah nonton film nya?
Andy Whitfield -
Pemeran Tokoh Spartacus
Season II
Iya, Spartacus memang tidak se populer Habibie dan Ainun, tidak se tenar Iron Man atau pun Transformer, tapi menurutku film Spartacus jauh lebih baik pesan yang hendak diselipkannnya walaupun di film tersebut sangat banyak adegan yang tidak layak di tonton oleh anak dibawah umur.
Spartacus bercerita tentang sisi lain dari kota Roma. kalau selama ini anda mengenal kota Roma dengan keperkasaan nya, ketangguhan bala tentaranya, daerah kekuasaan yang dulunya sangat luas, dan berbagai macam kesan lain tentang Roma, maka setelah menonton film spartacus, saya yakin anda akan mengubah persepsi anda tentang kerajaan Romawi setidaknya anda akan melihat sisi lain dari kota Roma tempo dulu. mungkin selama ini anda mengenal Marcus Crassus, Julius Caesar, dan penguasa Pompey sebagai orang yang sangat perpect dalam memimpin rakyat romawi tempo dulu khususnya Julius Caesar. akan tetapi dalam film ini, anda akan melihat sisi gelap dan sangat memalukan Raja Roma yang sangat hebat tersebut. apa itu?? silahkan ditonton...
Liam McIntyre - Pemeran
Tokoh Spartacus III & IV
Spartacus adalah nama tokoh utama dalam film tersebut, julukan yang diberikan oleh Lentulus Batiatus si penguasa Capua kepadanya. spartacus awalnya adalah pasukan Thracian yang ditangkap oleh kerajaan Roma dan di beli oleh Batiatus sebagai budak untuk selanjutnya dilatih menjadi Gladiator. akhir cerita ternyata si pasukan Thracian tersebut seringkali diberkati oleh dewa pada saat bertarung di arena walaupun sebenarnya spartacus adalah sosok yang berfaham freewil dan tidak percaya dengan dewa, sepenuhnya di usahakan oleh manusia termasuk untuk menjadi manusia merdeka harus melawan dengan usaha sendiri tanpa berharap sama dewa. 
Musim kering pun terjadi di Capua dan Roma secara luas, pertarungan-pertarungan demi pertarungan di menangkan oleh pasukan Thracia tersebut sampai bintang arena si manusia raksasa yang tidak terkalahkan di arena sepanjang masa. mitos yang diyakini orang Romawi pada ssat itu adalah musim hujan akan datang kalau si raja arena tersebut terkalahkan oleh gladiator lain. walhasil pasukan Thracia tersebut yang mengalahkannya dan sesaat setelah itu turunlah hujan, maka nama "Spartacus (sang pembawa hujan)" diberikan oleh Batiatus kepadanya dan melekat sampai akhir hayatnya.  sampai akhir film, nama asli
Season I
Spartacus tidak pernah diketahui bahkan sampai sekarang kata orang-orang.
Awal perjuangan kaum budak dimulai dari sini. kalau awalnya, motivasi spartacus melakukan perlawanan terhadap tuannya adalah karena istrinya, Sura yang dibunuh oleh tuannya sendiri demi kepentingan "upeti" dan "kekuasaan" bagi Batiatus agar Spartacus tidak pergi dari ludus (tempat penempaan gladiator) nya, maka pada akhir cerita spartacus berjuang untuk membebaskan semua budak yang ada di Roma. disitulah pesan-pesan dan pelajaran-pelajaran yang ingin disampaikan sama film sangat banyak. pada akhir cerita, spartacus justru melihat semua wajah-wajah Sura, istrinya, pada semua budak yang ada di Roma. nama nya saja budak artinya mereka pasti tertindas.
Saya ingin membahas sosos Spartacus lebih jauh. bagi yang belum pernah menonton film seri (terdiri dari 4 season, masing-masing season terdiri dari kurang lebih 10 seri, tiap seri berdurasi sekitar 1 jam), bersiap-siaplah menghabiskan waktu anda kurang lebih 45 jam. saya yakin anda tidak akan bosan menonton film tersebut.
Sesion II
saya saja butuh waktu 1 tahun untuk menonton spartacus sampai selesai ceritanya karena dirilis selama kurang lebuh dua tahun dan dikeluarkan per seri. saya mulai nonton film tersebut pada bulan april 2012 sampai pertengahan april 2013. saking panjangnya ini film, pergantian beberapa tokoh dari satu sesion ke sesion lagi dilakukan khususnya tokoh utama spartacus diganti pada sesion III dan IV karena tokoh spartacus pada sesion II meninggal dunia.
film seri dari Starz ini saya anjurkan nontonnya jangan sama anak kecil dan orang yang jantungan karena film ini sebenarnya khusus untuk orang dewasa yang 'sehat'. mengapa? karena berisi materi banyak adegan-adegan dewasa bahkan ada yang bilang ini film b*** dan sarat dengan kekerasan. gaya filmnya agak mirip dengan film graphic novel 300 dan gladiator nya Ridley Scott, hanya saja spartacus jauh lebih brutal.
Terlepas dari kekerasan dan seks yang diklaim agar menciptakan nuansa otentik, saya pikir Starz memang berhasil. setiap detail film ini memang benar-benar diperhatikan. contohnya, dalam gaya bahasa orang-orang Roma tidak mengenal kata "yes", sebaliknya mereka memakai afirmasi yang menguatkan keingignan mereka.
Sesion III
Masih tentang sosok spartacus. spartacus adalah simbol perlawanan kaum budak pada jaman romawi kuno, sosok nya sangat bijaksana. dia memimpin puluhan ribu budak untuk melakukan perlawanan terhadap tuannya. jadi, jauh sebelum Karl Marx mengeluarkan pertentangan kelasnya, spartacus lebih dulu mengaplikasikan teori nya Marx. hehehe... 
Semua aspek kehidupan hampir disentuh oleh sutradara dalam film tersebut. mulai dari cinta, seks, jilat-menjilat ke penguasa, kekuasaan, kerakusan manusia, kepercayaan kepada sesuatu yang transendental (Tuhan atau Dewa), kerjasama, mengorganisir massa, memprovokasi, strategi perang, manajemen
Sesion IV
organisasi, kapitalisme dan sosialisme, imajinasi, dan masih banyak lagi. semua sosok penggambaran manusia dimuka bumi ini ada di spartacus dan masih relevan sampai sekarang. pokoknya setelah menonton spartacus, banyak hal yang bisa anda pelajari, belum pernah sebelumnya saya menonton fil sekomprehensif itu. 1 hal yang tidak disinggung mungkin masalah 'agama' karena agama pada saat itu mungkin saja belum ada. 
Selain tokoh spartacus, masih ada beberapa tokoh yang terkenal yang berjuang bersama spartacus yaitu Gannicus (gladiator pertama yang mendapatkan kemerdekaannya setelah menjadi pemenang di arena dan generasi I sebelum spartacus menjadi budak), Crixus (pemenang arena generasi II), Agron, Naevia, Oenamous, Nasir, Barca, Lucretia, Lythia, Glaber, Doctore, Batiatus,   Azur, dan masih banyak lagi nama-nama dan sebutan-sebutan lain dalam film tersbut. walaupun pada akhir cerita, Spartacus meninggal (mati syahid) tapi menurutku itulah kemenangan sejati dan perlawanan sesungguhnya dalam sejarah. cerita tentang spartacus pernah ada dan memang fakta, yang bercerita adalah Agron dan Nasir karena 2 tokoh itulah yang tidak mati syahid sampai akhir cerita. tapi namanya film pasti ada sedikit bumbu-bumbunya.
Beberapa Teman Seperjuangan Spartacus
Saya menganggap bahwa Spartacus adalah salah satu Nabi yang tidak tercatat namanya dalam 25 nabi dalam Islam. dia adalah sosok pemimpin sejati yang pernah ada, tidak pernah menyuruh teman nya (bawahannya) tapi dia lebih dahulu yang melakukannya baru menyuruh pengikutnya untuk mengikuti apa yang dilakukannya. tidak seperti pemimpin sekarang, bawahannya dulu yag disuruh kerjakan dan kalau tidak berhasil, bawahan yang jadi korban. spartacus adalah simbol perlawanan abadi terhadap kaum penindas, dan seandainya saya beranda-andai, andaikata spartacus tidak kalah dalam peperangan, maka sejarah dunia akan berubah seperti halnya kemenangan dan cerita-cerita para nabi. spartacus akan dikenang sepanjang masa oleh masyarakat dunia. 
Agron, Gannicus, Spartacus, Crixus
Spartacus terdiri dari 3 season. Season I - the God of ArenaSeason II - Blood and Sand, Season III - Vengeance, Season IV - War of the Damed. masing-masing season punya ciri khasnya dan saling terkait antara season I sampai III, jadi jangan dilewatkan dan nimati adegan tiap detil nya. saya yakin tidak akan membosankan.
Bagi yang penasaran ingin memelototin film spartacus (anda memang wajib penasaran), anda tidak perlu waktu 1 tahun untuk menunggu seperti saya, karena semua seri nya sudah keluar dan tinggal di download. ada banyak link downloadnya, tinggal googling saja. berikut salah satunya:   

Semoga anda bisa menjadi spartacus-spartacus modern.. hehehe
Film ini film terbaik yang pernah saya nonton.....

24 komentar:

Anonim mengatakan...

fuck, nabi darimana tuh.
ente muslim abal-abal.
ASU!

iskandar zulkarnain mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
iskandar zulkarnain mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
iskandar zulkarnain mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
iskandar zulkarnain mengatakan...

Biarpun dicatan sejarah tdk dijelaskan motif spartacus, tp saya setuju. Nilai2 kemanusian yg diperjuangkan spartacus di film sangat baik. Meski predikat sbg nabi yg anda sampaikan diperdebatkan, ttp sosok spartacus benar2 orang luar biasa hebat. Jago perang, bijak & visioner. Terimakasih reviu nya

Wardy Tumangger mengatakan...

nabi dari hongkong, sungguh tidak bermoral yang menulis blog ini, agar kamu tahu semua nabi dalam ajaran islam selalu menyembah allah mulai dari nabi adam as sampe nabi muhammad, dan tidak satu nabipun bekas dari ketutunan budak, hati-hatilah menulis biar orang yang membacanya tidak menganggap sampah...

Yohanis Senggo mengatakan...

Nabi adalah yg menyebarkan ajaran Tuhan,, jd spartacus bukanlah nabi..
Tp hal2 yg diajarkan tdk berbeda jauh dgn ajaran agama.. Intinya,, ambil contoh moral yang bagus,, dan yg jelek diabaikan saja.. Penonton adalah dewan juri yg plg pintar

jalal ludin mengatakan...

Gw juga ngacungin jempol buat flm spartacus kerendddd bangettt gw suka

ariel febrino mengatakan...

Mau nabi kek, mau jendral kek, mw paus kek... Terserah penulis donk, emng ini gaya sang penulis.. Huuuh, dasar bisanya cuma menghujat... Emng spartacus itu dianggap sbg demigod atau manusia setengah dewa dibilang nabi jg boleh karena dia sosok pahlawan kemerdekaan yg handal dlm strategi perang, punya niat baik buat ngehilangin perbudakan... Teruskan review2 nya bro... Btw thx, good review...

neris anisti mengatakan...

@yang menghujat penulis menyebut spartacus sbg nabi tidak salah jika mengambil posisi sbg islam yang pemarah, tapi saya pikir "nabi" yang berada di dalam pikiran si penulis sama dengan ada yang berada di dalam pikiran saya. ingat, di ujung sana, Tuhan lebih tahu. semangat!

Fatih.orkhan Hyt mengatakan...

Spartacus sang pembebasan....!!!
mungin saya dan anda sbagai pemrotes hidup pda zaman modern..mau itu ini pasti ada, trgantung brpa bnyak uang... punya rumah pasti ada... tpi di zaman spartacus, zaman dimana org2 elite mngganggp msyrakat bawah smakin remeh...klo dlm islam tdk ada prbedaan kasta, ini juga dinamakan mendzolimi... khadiran spartacus adlah pembebas, melawan, dan mngangkat harkat dn martabat kaum budak, mnsejajarkan mereka, dn menempatkn mereka sbagai manusia ciptaan Allah SWT.. inilah simbol perjuangan masyarakat tertindas... para tokoh dn pemimpin besar dunia kbnyakan perjuangannya mirip spartacus... perjuangan NABIpun bsa dibilangin mirip dikitlah... cuman kelebihan NABI tdk bisa ditandingi olh manusia biasa.....!!!

Anonim mengatakan...

Ngarang lah...
God of the arena itu season 2.. Dy pake alur flashback bego..

soemitro soeleiman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Satrio Nugroho mengatakan...

Ini film terkeren yang pernah gw tonton, dan gw setuju kalo dia nabi yg tak tercatat namanya. Pada dasarnya, kalo dia nabi hanya Tuhanlah yg tahu. Mereka yg menghujat hanya melihat dari satu sudut pandang saja, jadi maklumi saja tanpa adanya pemikiran yg kritis. Broooo..... gw suka review lo :D

alwan angga mengatakan...

Saya setuju dengan pendapat penulis, bahwa spartacus adalah nabi yang tidak tercatat. Ditinjau dari sikap spartacus yang seperti nabi, dan pada masa itu Spartacus pun tidak percaya adanya dewa.

Helder Mendonça de Carvalho mengatakan...

aku juga penggemar filem spartacus...aku setuju dengan sang penulis bahwa spartacus adalah sosok nabi yang tak tercatat namanya..memang gituloh.... spartacus sangat mencintai sesama budaknya, penuh kebijaksanaan,sang pembela kebenaran, motivator. bukankah hal hal itu yang diajarkan agama....memang terdapat adegan adegan yg tak pantas bagi anak anak kecil...namun seperti yg dikatakan penulis namanya filem jadi ada dong bumbu- bumbunya...saya setuju dengan pandangan sang penulis..teruskan aja reviunya..yang menganggapnya (spartacus) bukan nabi ya itu urusan...yang pentingkan para penggemar filem spartacus dapat memetik sisi positifnya..apa lagi dizaman seperti sekarang ini,sulit sekali menjadi Spartacus sang pembela kebenaran.

Suta Wijaya mengatakan...

yang menghujat penulis otaknya sempit..:D setiap orang punya pemikiran masing2..lihat dan nilailah segala sesuatu itu dengan mata hati, bukan sebelah mata seperti "penghujat". BTW saya cuma pengen komplain sama penulis, pada akhir review penulis mengatakan film "spartacus ada 3 season tapi menyebutkan season I, season II, season III dan season IV. apa waktu typing penulis lagi ngantuk atau gimana? wkwkwkwk

Anonim mengatakan...

@neris anisti hati" dengan apa yang anda tuis agama islam bukan agama pemarah,agama islam agama yang baik,dan agama yang slalu mengajar kan kelembutan bukan kekerasan.kalau anda tidak tahu tentang islam,jangan berbicara,anda sudah slah menilai tetang islam.jadi kalau kalian bilang spartacus nabi,itu bukan nabi dalam agama islam,nabi dalam agama kami bukan seperti itu.

Susi Astuti mengatakan...

Saya baru beli kaset nya yg seri 1 & 2
Liat rating imdb kayak nya tontonan bagus.

Si Moncos mengatakan...

Dri 2014 sampe skrng saya suka nonton spartacus. ga bosen2 film'a boa edan kreeen gan

Si Moncos mengatakan...

Dri 2014 sampe skrng saya suka nonton spartacus. ga bosen2 film'a boa edan kreeen gan

lifeshepperd mengatakan...

Otak lu kyk sampah, mikir makanya.

johan mengatakan...

Mengenai spartacus sebagai nabi, hal itu memungkinkan juga karena banyak disinggung di agama islam jika nabi ada ribuan. hanya allah yang tahu. kalau adegan banyak sex di film, memang pada jaman romawi kuno begitulah adanya. pernah baca kasus pompey? yang kena letusan gunung besuvius? banyak mayat yang kaku dalam keadaan begitu hina yang memang menggambarkan kondisi saat itu, dan itu juga terjadi sebelum bencana pompey. jadi ya mungkin saja sebagai nabi, karena definisi nabi tidak mengajarkan agama untuk orang banyak, tp bisa untuk kepercayaan dirinya dan keluarga.

dody dominic mengatakan...

mgkin nabi yg pengarang maksud adlh seorang leader sejati yg tangguh, bijaksana dan sosok org yg menginspirasi utk pengikutnya...
saya setuju kalo film ini film yg terbaik yg prnh saya tonton, bnyak pesan moral yg trkandung di film itu..
saya punya semua seri nya, meskipun file nya gede, tp film itu yg msh ttp ad di laptop saya, syg mau di apus, lagipula saya gk prnah bosen nonton film nya... :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...